Warga Pulau Tidung Dibagikan Bibit Tanaman Gratis

By Al


nusakini.com - Jakarta - Rumah bibit yang berada di samping kantor kelurahan Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan membagikan bibit-bibit tanaman kepada warga secara gratis.

Lurah Pulau Tidung, Cecep Suryadi mengatakan, rumah bibit yang dikelola oleh Tim Penggerak PKK itu berfungsi melakukan pembibitan berbagai jenis tanaman agar ketersediaan bibit di Pulau Tidung terus berkelanjutan.

"Kegiatan ini juga bertujuan memudahkan warga mencari dan menanam pohon, melakukan penghijauan dan bibitnya juga kita bagikan secara gratis," ujarnya

Dikatakannya, selain mendapatkan bibit secara gratis, warga juga akan diberikan pupuk tanaman berupa kompos yang dibuat sendiri oleh kelurahan melalui tempat pengelolaan sampah (TPS) komposter yang ada di belakang kantor kelurahan.

"Untuk mendapatkan bibit dan kompos gratis warga harus mendaftar lebih dulu karena akan dimonitor terkait pembinaan dan kelanjutannya," terangnya.

Ditambahkannya, untuk penyiraman tanaman agar bibit tetap hidup, kader PKK Pulau Tidung memanfaatkan air buangan AC.

Adapun jenis tanaman atau pohon yang telah dilakukan pembibitan di antaranya, sukun, bougenville, daun Suji, pandan wangi, pucuk merah, jahe, kunyit, salam, sereh, kelor, buah naga, cabai, mangrove, jambu, tin, lidah buaya, beringin putih, sirih dan kelor.